Jembatan Pedestarian Dan Menara Gentala Arasy

10:26 am Khoirina Annisa 4 Comments



Ini dimana koi? lagi ngapain disana? sama siapa?

Hmmm...
Akhirnya gue meniatkan diri buat nulis tentang ini. Oke, Berawal dari sepupu gue yang main ke Bogor dan gantian gue yang sekarang main ke Jambi. iyak, foto itu diambil di Kota Jambi.

Jadi mau ngomongin apa sih sebenernya koi? tuh kan jadi apa gajelas banget. *halah* *efek kelamaan vakum ngeblog*

Jadi gini ceritanya....
Bulan Maret lalu gue main ke Jambi, sebenernya ini gak sengaja sih meski udah gue rencanain. eh kebetulan banget sepupu gue dateng kesini jadi pas dia balik gue ikut deh main kesana. Cuma main-main biasa, karna ada tante gue yang tinggal disana. ya meski ada keluarga disana tetep aja gue jalan-jalannya berdua sepupu gue, yak yang kemarin sempet baca tulisan gue tentang Februari-Maret pasti tau sepupu gue yang mana.

Ngomong-ngomong tentang jembatan, Jembatan Pedestarian ini adalah jembatan penghubung antaraKawasan wisata Ancol dan Kota Jambi Seberango yang terpisah antara Sungai Batanghari. Lokasinya persis di depan Rumah Dinas Gubernur Provinsi Jambi, Jadi kalau mau ke jembatan ini masih terjangkau banget lokasinya, karna ada di tengah kota. Kalau di perhatikan, Jembatan ini bentuknya seperti huruf "S" dan memiliki panjang 532 meter. Lumayan lah kalo jalan di jemmbatan ini. lumayan bikin keringetan. Hehe.

Diambil dari Kawasan Wisata Ancol, sebrang Menara Gentala Arasy.
 Diseberang sana itu adalah Menara Gentala Arasy, Akses kesana sebenarnya cukup mudah. Namun karna saat gue kesana jembatannya belum boleh dilewati jadinya harus menyebrang menggunakan ketek(perahu) yang banyak ada disana atau bisa juga memutar jalan melewati jembatan auduri duo lalu masuk ke perkampungan warga dan lumayan jauh! Kalau sekarang kesana, jembatan ini sudah bisa dilewati jadi gak perlu naik perahu ataupun muter jalan.
Pangkalan perahu 'ketek' yang ada didekat Menara Gentala Arasy
Waktu gue kesana itu menggunakan jalan yang muter, cukup jauh, beberapa jalan ada yang rusak, terus gue masuk ke perkampungan wagra juga. jadi beneran ngebolang deh. Ini sih ya karna sepupu gue gak tau jalan sebenernya. Hahahaha.
Berhubung sungai batanghari cukup lebar, disini suka dijadiin tempat buat tim dayung provinsi jambi, kebetulan pas gue kesana di sore hari mereka lagi latihan.
Tim Dayung Provinsi Jambi Sedang berlatih di Sungai Batanghari
Foto tim dayung diatas itu juga gue ambil dari pangkalan perahu ketek, lanjut ke Menara Gentala Arasy ya. Nama Menara Gentala Arasy ini sebenarnya adalah singkatan dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti. Nah, Abdurrahman Sayoeti ini sendiri adalah mantan gubernur jambi yang berasal dari kota seberang jambi.
Menara Gentala Arasy dari dekat.
Nah ini dia Menara Gentala Arasi. Di halaman Gentala Arasy juga ada bangku-bangku buat pengunjung yang mau duduk-duduk, terus ada juga relief dua dimensi tentang perjalanan penyebaran islam di tembok-tembok halamannya. 
Relief di Menara Gentala Arasy
Yak, gitu deh~
Berhubung waktu itu udah mau maghrib akhirnya gue pulang....

Tamat-

4 comments:

  1. lha, tiu menaranya bukan masjid ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menara bang, Dalamnya ada museum gitu katanya.

      Delete
  2. ahhh aku belum pernah ke sumateraaaa... penasaran banget kesana via darat, nyebrang pake feri..nyobain makanan2 disana, hihihihi
    kulineran di jambi gak koi?? penasaran :))

    btw angle fotonya kece!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhihihi, coba aja deh. Seruuuu!

      Thanks Enno!! :D

      Delete

Tinggalkan komentarmu disini...