Tuhan Memberikanmu Kemudahan Hidup, Tapi Kamu Malah Kuliah di UT!

Woaaaah! Akhirnya konten ini dipublikasikan! :)
Konten ini adalah konten spesial yang aku publikasikan setelah dinyatakan lulus dari UT (Universitas Terbuka). 14 Semester ditempuh, 331 SKS diambil, penuh drama dan sempat mau udahan aja, akhirnya semester ini aku dinyatakan lulus. Jadi, mari bercerita...

Mulai kuliah.
Aku gatau kalau ternyata kuliah di UT akan seperti ini cara belajarnya. Yes, sehabis lulus SMK waktu itu di tahun 2013 aku gak langsung kuliah, ada gap year 2 tahun karena setelah SMK aku kerja dengan harapan terus bisa membiayai kuliahku sendiri. 2015.2 aku daftar kuliah di UT, mengambil prodi Ilmu Komunikasi (padahal sebelumnya aku SMK jurusan Akuntansi) non sipas tanpa tatap muka dengan dosen. Akrab dengan teknologi dan digital, bukan berarti bikin diskusi online jadi lebih mudah. Apa yang didiskusikan tentu harus relevan ‘kan? Selain itu, malas adalah musuh utama. Jadi aku dulu jarang sekali ikut diskusi online tuton, hasilnya adalah setiap semester aku hanya mengandalkan nilai UAS. Apa nilai UAS ku bagus? Tentu saja, gak selalu. Buktinya aku sampe ambil 331 SKS, padahal mata kuliah prodiku cuma ada 145 SKS!

Udah ah, capek!
2019 jadi tahun yang cukup memorable. Temen-temen udah pada lulus. Sempet ngomong ke diri sendiri, udahan aja apa ya?! Tho kalo aku udahan kuliah, aku gak merugikan siapapun ya kecuali diriku sendiri. Udah capek kerja, kerja di industri kreatif yang sering bikin lembur pagi ketemu pagi, ijazah pun gak akan kepake dikerjaanku sekarang. Gitu mikirnya. Duh, tapi udah tanggung sih, ini mata kuliahnya dikit lagi beres. Yaudah pelan-pelan, lanjutin aja ya, ucap ke diri sendiri sambil membesarkan hati yang sudah lelah secara fisik maupun mental. 

Lanjutin aja deh sebisanya
Akhirnya gak jadi udahan, tetep registrasi mata kuliah di semester berikutnya, setiap hasil uas keluar terus nyesel sendiri, mempertanyakan ini tuh kenapa ya nilainya jelek terus? Apa aku sebodoh itu soal akademik? Ipk pun gak pernah nyampe di angka 2. Tapi lagi-lagi mencoba membesarkan hati sendiri, gapapa deh ya. Kasih maklum ke diri sendiri, udah capek kerja, gausah push diri sendiri. Sampe tiba waktu dimana kita mengalami pandemi, untuk pertamakali nya selama kuliah di UT jadi ngalamin UAS online. Selain UAS online, kerjaanku pun jadi gak sepadet dulu, bisa WFH, bisa ikut diskusi online, bisa tanya temen, bisa dibantuin temen *egh hahahaha lalu pada saat pengumuman nilai UAS, oh wow! Ternyata bisa lho dapet nilai A. lanjut lagi semester berikutnya, sampe akhirnya 2022.1 aku bisa ambil TAP dan membuat karya ilmiah (UT gak ada skripsi, penggantinya ya TAP & Karil ini). Semua dilalui dan minggu ini aku dinyatakan lulus! Alhamdulillah. Setidaknya sudah bisa lulus, meski ternyata perlu dilalui dengan menempuh 14 semester dan mengambil 331 SKS!

UT tetap kampus yang memiliki standardnya sendiri, jadi ya mungkin UT bukan untuk semua orang. Kita perlu belajar lebih mandiri. Kita perlu motivasi diri yang kuat. Kita perlu berkali-kali meyakinkan diri bahwa kita bisa menyelesaikannya.

Mentemenku tersayang, kalo kalian membaca blog post ini, terima kasih ya, kalian mungkin banyak sekali mendengar keluhanku tentang kuliahku di UT. Terima kasih juga untuk banyak sekali motivasi yang diberikan. Terima kasih untuk banyak bantuannya. Senang sekali, setidaknya semester berikutnya aku gak mikirin tanggal UAS bisa ikut gak ya. HAHAHAHAHAHAHA


Share:

2 comments:

  1. Dilema dan suka duka kuliah memang uwwuu, jadi momen yang tidak bisa dilupakan apalagi kalau di UT. Di UT itu solusi untuk yang kuliah sambil kerja dan biayanya pun terjangkau. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. * iseng jalan-jalan, ngubek2 blogger lama *...

    ternyata masih banyak yg aktif nulis 😭😭

    ReplyDelete

Tinggalkan komentarmu disini...

Hello!

Hello, thank you for being here. I hope you have a good time browsing around and enjoy reading on my blog! :)