di hutan hujan


di hutan hujan.
hari ini berbeda. saya ada di sebuah toko kopi yang sedikit penuh dengan muda-mudi yang sibuk dengan laptop dan handphone nya masing-masing. diantara kegalauan ujian tugas akhir program sembari bertanya pada diri, "apakah ini menjadi semester terakhir saya kuliah?" 15 semester sudah dilalui, asiknya mengerjakan banyak pekerjaan dan pekerjaan freelance membuat saya tidak punya target kapan saya harus menyelesaikan kuliah saya.

karya ilmiah sudah diunggah, dibantu beberapa teman serta mengajak mereka berdiskusi, akhirnya jadi juga. pun tugas akhir program menjadi momok. karena ini adalah satu-satunya mata kuliah dengan ujian essay, yang materinya pun terdiri dari empat mata kuliah pendukung, sisanya selalu pilihan ganda yang sering kali dikerjakan tanpa pengetahuan pun bisa dijawab dengan prinsip datang kerjakan dan pulang lupakan.

banyak teman sudah menyelesaikan sarjananya, sebagian lagi sudah selesai master, aku pun sudah selesai advance, tapi advance dalam menyelam saja. sarjana belum kelar, pendidikan formal apakah benar-benar penting?! selama ini asik dengan dunia di luar pendidikan formal. entah. apakah semester ini menjadi semester terakhir di kuliah?
Share:

1 comment:

  1. Hutan hujann selalu ingin tahu suasana di tempat ini, tapi Jawa tidak termasuk. Beda dari yang lain pastinya, perlu jauh-jauh ke sana hemm. Suasana kayak gini memang pas untuk menulis, ya. Terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete

Tinggalkan komentarmu disini...

Hello!

Hello, thank you for being here. I hope you have a good time browsing around and enjoy reading on my blog! :)