Definisi kebebasan finansial itu apa?

9:39 pm Khoirina Annisa 5 Comments




Ngomongin duit, kayaknya ujungnya adalah habis. Ya mungkin untuk sebagian orang, iya. Belum lama ini, gue ngobrol sama temen kerja yang udah resign. Dia ngomongin tentang kebebasan financial. 

"Bebas dari utang, punya dana darurat (kalau single minimal 3x gaji/monthly spending. Kalau berkeluarga punya anak 1 minimal 12x monthly spending), punya aset investasi, dana pensiun, aset lancar, asuransi jiwa & kesehatan. Lebih bagus lagi kalo punya passive income"

...

"Pertimbangannya karena misal kita tiba-tiba kehilangan pekerjaan. Untuk dpt kerjaan baru kan setidaknya butuh waktu kan, jadi perhitungan amannya utk punya dana menyambung hidup itu kalau single at least 3x monthly spending. Kalau udh berkeluarga lebih besar lagi karena punya tanggungan."

........  

Dang! mikir gak tuh gue. Sebenernya ini cukup menarik buat di kulik-kulik. Apakah memang seperti itu definisi dari kebebasan finansial? well, ya believe or not sih. Kembali ke diri masing-masing.

Lalu, kalo ada yang masih punya hutang, pinjem sana-sini untuk sekedar makan, itu gimana? Ya jelas gak sih kalau itu gak merdeka dari finansial.

Jadi, Kemana perginya uang gue? Apakah gue sudah termasuk orang yang punya kebebasan finansial?

Punya hutang gak sih?
Seinget gue, gue gak punya hutang. Mungkin punya utang talangan, misal temen nalangin 10-50rb, tapi so far gue tanya temen-temen gue, apakah gue punya hutang atau nggak, mereka bilang nggak. Ya, semoga nggak. Karena kalo ada, gue mau bayar lah!

Punya aset investasi?
Gue kayak belum kepikiran aja. Asli, karena selama ini masih mau hidup di luar kenyamanan, jalan, dan beli pengalaman.

Punya dana pensiun, asuransi kesehatan?
Punya deh tu di bpjs ketenagakerjaan sama asuransi dari kantor juga. Amit-amit kalo sakit atau kecelakaan sih ya, ini penting gak penting. Tapi kalo jalan lama dan jauh, gue pasti beli asuransi sih.

Passive income apalagi dah...
Gak ada juga. Gue pasti ngerjain sesuatu dulu baru bisa dapet income.



........  

Mungkin, gue memang belum termasuk dalam kategori bebas finansial menurut sebagian orang. yaelah koi, gembel mah gembel aja. hahaha. Serius, tapi ya... mungkin gak semua bisa mendefinisikan tentang kebebasan finansial itu di pukul rata untuk semua orang. Nyatanya, pengeluaran yang memang "wajib" itu berbeda untuk setiap orang, pendapatan tiap orang pun berbeda. Ada yang masih single dan uang gaji nya digunakan untuk dirinya sendiri aja, atau bahkan masih di kasih uang jajan sama orang tua nya. Ada yang masih single tapi harus membiayai kebutuhan keluarganya (orang tua dan adik-adik). Mungkin juga ada yang sudah menikah namun harus membiayai keluarga kecilnya dan keluarga besarnya juga. Kita gak tau kan.

Well, kalo di tanya apa definisi kebebasan finansial itu apa? mungkin gue akan jawab, tapi jawabannya gak untuk semua orang. Definisi kebebasan finansial menurut gue adalah kita tercukupi, mau makan bisa, mau pergi ke tempat yang wajib di datangi bisa. Gak nyampe kelaperan, apalagi sampai berhutang. Kalau tetiba gak punya duit atau kehilangan pekerjaan atau kere mendadak di tepu orang gimana? Gue sih punya Allah sebagai tempat meminta dong, tapi sambil usaha juga :D

5 comments:

Tinggalkan komentarmu disini...