Apa itu konten blog berbayar?

11:11 am Khoirina Annisa 5 Comments


Apa itu konten blog berbayar? | Sumber ilustrasi
Welcome and welcome back, pembaca yang mau baca post ini! :D

Kali ini gue mau mengupas sedikit tentang konten blog berbayar. Konten blog yang seperti ini seringnya disebut sebagai content placement, blog placement, sponsored post, brand post review atau apalah itu sejenisnya, yang intinya si blogger dibayar untuk ngepost konten tersebut di blog.
Ngeblog dulu gak kayak sekarang, banyak blogger dulu yang mau dapet uang biasanya dari adsense aja. Sekarang lewat posting juga udah bisa. Gue udah sering juga sih bikin post berbayar *suombooong*, tapi sekarang makin banyak brand yang pake blogger buat promoin produk atau campaign mereka. Karena sebenarnya di hasil pencarian gugel, blogger pun sangat berpengaruh.

Content Placement, Blog Placement, Sponsored Post, Advetorial post atau sejenisnya ini masuk ke strategy yang dibikin ahensi (plesetan dari agency) yang selanjutnya dijual ke klien. Kalo dibeli sama kliennya, pihak ahensi bakal nyari blogger yang cocok deh tuh. Tujuannya yang pasti buat ninggalin digital footprint buat si brand, measurementnya bisa berupa views, banyaknya komen, bahkan sampe page rank google post blog tersebut. Terus kriteria blogger yang biasanya dicari blogger kayak apa sih?

1. Blogger yang PA/DA nya baguuus!
Kalau kamu seorang blogger, pasti tau dong apa itu PA/DA. Gak usah gue jelasin disini deh ya? nanti panjang. Huehehe. Well, banyak ahensi yang nyari blog yang PA/DA nya bagus. Kenapa? Karena PA/DA ini kan berkaitan dengan SEO, mereka pun mau post berbayar ini banyak yang baca nantinya. Biasanya minimal 10 keatas. Masih gatau apa itu PA/DA? Gugeling yes! :p

2. Blogger tanpa label Sponsored Post, Advetorial Post, etc
Wiiihhh, sampe ke label diperhatikan kah? Yes, mereka kadang sampe segitu posesifnya. Gak boleh pake label. Tapi ya, kalo dari sudut pandang gue, ngapain juga pake sponsored post? mau gaya-gayaan blog gue dibayar sama brand gitu? atau gimana sih? buat portofolio? Yaela, kalo blognya emang bagus, nanti juga pasti ditemuin sama orang yang mau bayar blog tersebut. Just because ente udah jadi seleb blogger, tetep jangan begitu deh ciyn. Gak bagus dibaca audiens nya. huehehe

3. Blogger yang mau maintenance post.
Maintenance blog? Buat apaan sih? Gak jarang gue nemuin blogger yang gak mau maintenance post blognya. Maintenance yang kayak apa sih? Maintenance disini maksudnya maintenance komentar-komentar di post, balesin komen-komen yang masuk, termasuk bikin itu post jadi rame. Blogger pasti tau lha gimana cara bikin blognya rame.

4. Blogger yang udah pake top level domain
Ini sih udah banyak. Banyak blogger yang udah pake TDL ato top level domain. Termasuk blog gue yang dulu ada buntutnya .blogspot.com sekarang udah .com aja buntutnya. Biar keliatan lebih profesional sih. Jadi gak pake blog gratisan terus. Tapi kalo yang blogspot.com udah banyak viewersnya kadang juga ada temen yang rada sayang buat pakein TDL, karena ini pun nantinya berpengaruh ke SEO.

5. Blogger yang tampilan blognya kece!
Tampilan kece disini maksudnya tampilan blog yang mau di placement. Kalau tampilannya berantakan dan gak enak dilihat mata, biasanya pembacanya bakal males baca. Pembacanya aja males baca apalagi pihak agency nya. Dan yang cukup penting adalah, moblie responsive! Iya, kadang tuh blogger cuma memperhatikan tampilan di desktop, tapi di mobilenya berantakan. huhuhu

6. Blogger yang konten blognya kece!
Ha? Ini maksudnya apa nih? Parameter kece tuh kayak apa juga? Well, karena pernah jadi anak ahensi dan milihin blogger buat konten placement, ini lebih ke seberapa banyak interaksi yang ada di blog. Berapa banyak views, berapa banyak komentar, komentarya di tanggapi atau nggak dan yang pasti si blogger bisa mendeliv pesan yang ingin disampaikan dengan baik ke pembacanya. Dari situ udah bisa keliatan tuh.

7. Blogger yang ikutan komunitas blogger!
Oh ini termasuk ya? Iya. Ini termasuk. Karena gak semua anak ahensi rajin kayak gue buat milihin blogger, kadang kita minta di rekomendasikan sama komunitas blogger. Bahkan biasanya kerjasama sama foundernya komunitas buat bikin campaign yang melibatkan blogger. Kalau udah ikutan komunitas dan aktif di komunitas nantinya bakal lebih gampang buat dapet job nulis. ya gak? iya.


Dah. Itu dia beberapa hal yang biasanya diperhatiin buat nyari blogger yang cocok buat konten placement. Kalau kita memang punya kualitas blog yang bagus, nantinya rates kita naik pun brand akan bayar. Ada kualitas, ada harga deh! Ada lagi yang kurang? Tambahin di komentar! Thank youuuuu :)

5 comments:

  1. Thanks ia Review Pengetahuannya, sangat bermanfaat nih nambah Ilmu dan Wawasan

    ReplyDelete
  2. Skg bnyk ahensi yg ngincer para blogger tuk promosiin sesuatu, kini blooger jd makin eksis....

    ReplyDelete
  3. Wahh keren, aku jadi makin semangat ngeblog nih haha

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  4. TLD emang nggak cuma keren tapi membuat peluang dilirik agency lebih terbuka :)

    ReplyDelete

Tinggalkan komentarmu disini...