Garut Bukan Cuma Gunung, Main Ke Laut di Garut Yuk!!

3:06 pm Khoirina Annisa 17 Comments


Selamat Datang di Kota Garut | Source

Holla! Kali ini Saya mau ngomongin tentang salah satu kota yang menurut saya cantik dan kalo kamu punya waktu buat keluyuran, saya rekomendasi kota ini deh! Yes, Garut!! 

Garut itu jadi salah stau kota yang punya udara cukup dingin, kalau kita ada berada di wilayah sekitar Papandayan di pagi hari, kita bisa ngelihat pemandangan unik . Disana Perempuan dan Laki-lakinya mengenakan pakaian tebal, jadi mirip pemandangan di luar negeri saat musim dingin gitu, wara-wiri melakukan aktifitas pagi. Bahkan para petani yang bertani di lereng gunung berangkat ke perkebunan dengan menggunakan sarung untuk menutupi tubuh :D

Waktu masih sekolah dulu, rasanya pengen banget keluyuran sekedar pergi ke Garut, meski ke gertu akhirnya setelah lulus sekolah. Cukup menyenangkan. Udara dingin di Garut ini disebabkan karena kabupaten yang merupakan Kabupaten Jawa Barat ini dikeliling oleh lima gunung, banyak! Daerah yang dikelilingi gunung, selain punya udara yang dingin dan sejuk, pasti punya pemandangan alamnya cantik juga! Gak heran, Garut emang layak dijadikan destinasi wisata, karena itulah Hotel di Garut mulai berkembang pesat untuk memenuhi kebutuhan wisatawan lokal dan asing. 

Sebenarnya wisata alam di Garut gak cuma ada pegunungan, tapi juga terdapat wisata laut yang gak kalah indahnya buat kita kunjungi. Beberapa wisata laut tersebut saya ulas di sini buat referensi kalo mau keluyuran ke Garut. Sementara buat memilih hotel mana yang bisa kita booking di Garut, kita bisa mengunjungi website salah satu Online Travel Agency (OTA), seperti Traveloka, dan lain sebagianya.

Pemesanan melalui OTA ini sebenanrnya memudahkan kita buat dapetin hotel yang sesuai keinginan gan gak perlu membuang waktu buat keliling cari hotel yang cocok. Setelah beres urusan booking hotel, selanjutnya kita tinggal menentukan wisata apa saja yang akan dikunjungi saat menuju Garut. Apalagi Garut memberikan pilihan wisata alam yang menarik Seperti yang saya tulis di atas, yakni wisata pegunungan dan laut. Nah, langsung aja deh, Karena Garut Bukan Cuma Gunung, Main Ke Laut di Garut Yuk!!

Pantai Santolo

Saat menuju Pantai Santolo nantinya kita bakal disuguhin pemandangan hamparan rumput laut yang dijemur. Semua itu milik petani rumput laut yang membudidayakan rumput laut di sekitar Pantai Santolo. Selain itu ada pemandangan karang yang menjulang indah karena di karang-karang itu terdapat tumbuhan yang berbunga, warnanya ungu. Kelitan banget cantiknya dari kejauhan, ditambah pemandangan barisan kapal laut di Pelabuhan Cilaut Eureun.

Hal menarik lainnya, di sini terdapat Pulau Santolo yang terlihat tidak jauh dari tepi pantai. Buat menuju ke sana kita tinggal naiki perahu kayu dengan membayar sebesar dua ribu rupiah saja. Biayanya relatif murah karena hanya menyeberangi sungai kecil yang merupakan muara, apalagi airnya bening banget. Di pulau ini kita bisa pesen ikan bakar segar yang banyak dijual oleh masyarakat setempat.

Pantai Santolo | Source
Meski belum sepopuler pantai di Bali maupun beberapa pantai pulau Jawa lainnya, Pantai Santolo sangat layak untuk kita kunjungi. Bentang pantainya lumayan panjang, pasir pantai cukup bersih, belum banyak pengunjung sehingga bisa menikmati suasana pantai dengan puas, juga beberapa kelebihan lain seperti yang diulas di atas. 

Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang | Source
Nah, kalau kita udah mengunjungi Pulau Santolo jangan abaikan Pantai Sayang Heulang. Pantai ini ada di salah satu bagian Pulau Santolo, jadi bisa sekalian jalan kan. Keunikan Pantai Sayang Heulang adalah Pantai dengan karang-karang yang terhampar di pantai, bahkan menjorok cukup jauh hingga ke laut loh. 

Bisa deh bayangkan. Begitu air laut surut, Kita bisa berjalan di antara karang-karang laut dan menemukan aneka macam biota laut. Biota itu terjebak di karang ketika air laut pasang, ada beragam ikan kecil, kepiting, ubur-ubur, kerang, dan lain-lain. Beberapa wisatawan lokal kadang terlihat membawa ember dan mengambili biota laut tersebut. Tetapi harus hati-hati, jangan lupa pake alas kaki ya, karena karang laut cukup tajam.


Pantai Rancabuaya

Pantai berikutnya yang layak kita kunjungi lagi adalah Pantai Rancabuaya. Sebenarnya keunikannya nyaris sama dengan Pantai Sayang Heulang, yaitu banyak terdapat karang-karang yang terhampar di pantai. Bila air laut surut, Kita bakal bisa nemuin banyak biota laut di antara karang-karang tersebut. Masih hidup, berenang di ceruk-ceruk karang yang tergenang air laut.

Namun di Pantai Rancabuaya ada keunikan lain yang bisa kita temukin, yakni air terjun yang berasal dari tebing batu dan airnya langsung mencurah ke pantai. Ini menjadi pemandangan tersendiri bagi wisatawan. Namun karena ombaknya sangat tinggi, Pantai Rancabuaya tidak cocok untuk berenang. Jadi kita bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dan menikmati ikan bakar segar di sini.


Pantai Cijeruk Indah

Ini dia pantai di Garut yang bisa buat berenang. Kalau kamu termasuk penggemar wisata laut yang tidak lengkap jika tidak berenang seperti saya, maka setelah mengunjungi pantai-pantai di atas, wajib rasanya untuk mengunjungi Pantai Cijeruk Indah ini. Di sini gelombang ombaknya paling tinggi sekitar satu meter, dasaran laut cukup landai, sehingga di tempat tertentu kita masih bisa menikmati wisata berenang di laut. 

Juga melihat fenomena air laut yang memiliki dua warna, yakni air laut yang berada di pesisir Pantai Cijeruk berwarna biru dan di muaranya berwana hijau kecokelatan. Pokoknya akan sayang kalau kamu wisata ke Garut tidak mengunjungi Pantai Cijeruk Indah. Di pantai ini selain berenang, menikmati fenomena alam, Kita juga bisa menyewa perahu buat menyisir pantai, memancing, atau pun sekedar mengambil foto-foto cantik di sekitar pantai.

Jadi tunggu apalagi, jika kamu penyuka wisata pantai, Yok segera bikin jadwal liburan ke Garut dan booking hotel sesuai pilihan. Selamat berlibur! :D

17 comments:

  1. Baru pernah ke Santolo & Sayang Heulang aja.
    Betul, memang lumayan bagus.

    Kayaknya perlu dijadwalkan ke Ranca Buaya & Cijeruk Indah nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, dijawdalkan.
      Perlu banget itu mbak :)

      Delete
  2. Salam Kenal ya mba, ternyata pantai di garut keren-keren, baru sampai ke gunungnya aja, semoga ke pantainya juga bisa di kunjungi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, salam kenal!
      Iya, kebanyakann orang taunya garut adanya gunung aja kaaan :p

      Delete
  3. Aku kira di Garut Cuma ada gunung mbak, ternyata nggak ya, duh kudet aku. Makasih sharingnya mbak. Semoga jika suatu hari nanti aku ke Garut, aku dapat mengunjungi pantai santolo dan pantai-pantai lainnya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan. Hihihihi.
      Cobain ke Garut mainnya ke pantai mbak :D

      Delete
  4. Gunung yang katanya ada piramidanya itu di garut juga kan bek..? itu heboh ampe ke luar negeri lho

    ReplyDelete
  5. Garut biasanya cman buat beli-beli jaket atau dompet dari kulit hahaha :D

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata masih banyak ya pantai di Garut. Waktu itu pernahnya ke sana gara-gara PKL doang, namanya Sancang Barat deh kalo ga salah. tapi gatau boleh untuk umum apa enggak. Hehehe. Soalnya, emang udah identik gunun sih ya kalo Garut mah. \:p/

    ReplyDelete
  7. Asik, Garut diulas, banyak juga pantai indahnya. Mau ke sana ah, aku suka pantai! Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Syanu.

    ReplyDelete
  8. ternyata garut nyimpen keindahan yang luar biasa :)

    salam
    nia

    ReplyDelete
  9. Ke Garut kalau pas lebaran dan macet! hihi
    Tapi katanya sekarang mah udah gak macet lagi ya karena ada jalur baru :)
    Garut memang adeem yaah :)

    ReplyDelete
  10. Ternyata Garut punya laut yang indah ya.

    ReplyDelete
  11. Garut yang saya tahu cuman hasil kulitnya aja hehe :D

    ReplyDelete
  12. Mau ke sayang heulang deh :3

    Salam,
    Gianta

    ReplyDelete
  13. Baca postinganmu ini bikin Ku ngebayangin refreshing sejenak dari Jakarta yang panas.. Hehehe :)

    ReplyDelete

Tinggalkan komentarmu disini...