Mengenal Postcrossing dan Cara Kerjanya

11:45 am Khoirina Annisa 40 Comments


Mengenal Postcrossing dan Cara Kerjanya
Berawal dari antrian panjang saat saya disuruh membayar cicilan motor oleh kakak saya di Kantor Pos. Saya bingung karena semuanya ke kantor pos hanya untuk membayar sesuatu, beda saat saya masih SD dulu, ke kantor pos untuk mengirim surat ataupun kartu pos. Saat masih kelas 2 SD dulu, saya diberi tugas untuk beli kartu pos dan hanya sekedar tau bagaimana bentuk kartu pos. Lalu saya dibelikan kartu pos oleh Bapak. Saya banyak membaca buku dan beberapa diantaranya menceritakan bagaimana serunya bertukar pesan pada orang yang tidak kita kenali, atau sering disebut dengan sahabat pena.

Memasuki SMK, saya diberi tugas oleh guru bahasa inggris saya untuk mengirimkan surat menggunakan perangko kepadanya. Kata beliau, mungkin anak seusia saya belum pernah mengirimkan surat pada orang lain dengan menggunakan perangko, dan memang benar. Surat pertama saya yang menggunakan perangko akhirnya saya tujukan pada guru bahasa inggris saya di sekolah. 

Makin kesini saya mencari tau, apakah hal semacam ini sudah tidak ada lagi ya? Tidak. Setelah berselancar dan membaca beberapa blog tentang kantor pos dan kartu pos, bertemulah saya website ajaib bernama "postcrossing.com" Apa itu  postcrossing? Postcrossing adalah proyek mengirim kartu pos dan menerima kartu pos kembali dari seseorang secara acak di suatu tempat di dunia! (Send a postcard and receive a postcard back from a random person somewhere in the world!)

Profile Postcrossing
Lebih dari satu tahun bergabung dengan postcrossing saya baru mengirimkan 4 kartu post dan menerima 5 kartu post. Semudah itu kah mengirim dan menerima? tidak. kita juga perlu kesabaran. Saya mengirimkan beberapa kartu post, namun yang berhasil diterima dan di registrasikan hanya 4. Kita perlu mengirimkan 5 kartu pos terlebih dahulu, baru kita akan menerima kartu pos dari orang lain. Setelah saya mengirim lebih dari 5 postcard, Saya mulai malas untuk berkirim kartu pos dan mempertanyakan, apakah website ini benar-benar bekerja? mengapa saya tak kunjung mendapatakan kartu pos? ah sudahlah. Hingga saya akhirnya mencoba mengirimkan kartu pos untuk saya sendiri ketika saya sedang di luar kota. Sebulan... Dua bulan... Tiga bulan... kartu pos yang saya kirimkan pun tidak sampai juga. Akhirnya saya pergi ke kantor pos untuk menanyakan apakah ada kartu pos untuk saya. Tidak ada. Lalu saya mengirimkan lagi kartu pos dari kota yang berbeda lagi, sama seperti sebelumnya, lalu saya diminta untuk datang lebih pagi agar bisa menemui pak pos yang bertugas mengantarkan kartu pos ke wilayah saya tinggal. Ketiga kalinya mengunjungi kantor pos pusat, akhirnya saya bertemu pak pos dan berpesan jika ada kartu pos untuk saya agar diantarkan dan memberi patokan tempat saya tinggal. 

Lama tak mengirimkan kartu pos, akhirnya saya menemukan setumpuk kartu pos di depan pintu rumah. Yaaaks, setelah lama menunggu saya pun menerima 4 kartu pos. 1 dari anggota postcrossing yang tak saya kenali tentunya, 1 dari teman kaskus saya, 1 dari saya sendiri dan 1 dari teman Komunitas Postcrossing Indonesia. Lalu sekitar dua minggu kemudian, saya pun menerima 4 kartu post dari teman-teman postcrossing.com dari beberapa negara. Bagaimana rasanya? Senang! Senang karena akhirnya situs ini memang bekerja dengan benar. Senang karena bisa membaca cerita dari mereka yang tidak saya kenali. Senang bisa berbagi senyum dalam sebuah kartu. Dan... kalau ada kartu pos yang tidak sampai, mungkin saja karena pak pos tidak bisa menemukan alamat tempat tinggalmu.

Lalu bagaimana caranya postcrossing ini bekerja?

Berikut cara kerja postcrossing. Pertama-tama, pastikan kamu memiliki akun postcrossing lalu sign in, kalau belum punya silahkan sign up di postcrossing.com
 
Mendaftar akun baru di postcrossing - silahkan isi data dan alamat, lalu klik sign me up!
Tampilan Postcrossing setelah sign in ataupun sign  up
Setelah mendaftar/sign up atau pun sign in, Untuk mendapatkan kiriman kartu pos, yang perlu kita lakukan adalah mengirim kartu pos. Klik “send a postcard” yang terdapat di sebelah kiri atas halaman website postcrossing.

Klik "Send a postcard"
Lalu akan muncul tampilan berikut, untuk mengirimkan kartu pos kita perlu mencentang kotak kecil sebelum kalimat “I’ve read the above notes and want to receive an address to where I’ll send a postcard” Setelah itu kemudian klik “Request address” Jika kamu baru pertama kali mengirimkan kartu pos melalui postcrossing, silahkan baca Community Guidelines terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana kita bisa menjadi Postcrosser di Postcrossing.

Centang dan klik Request address!
Seteleh klik Request Address, sistem di Postcrossing akan memilih alamat yang harus kita kirimi kartu pos. Kemudian, tampilah halaman website yang memuat alamat dan profile postcrosser.

Alamat yang perlu dikirimkan Kartu Pos
Profile Postcrosser
Dalam tampilan website diatas, tertulis bahwa saya perlu mengirimkan postcard kepada Valdimir Piguta dengan id postcar ID-162389. Id tersebut perlu kita cantumkan saat mengirimkan kartu pos, agar saat postcard sudah sampai,  penerima postcard yang kita kirim bisa meregistrasikannya. Selain alamat dan id postcrosser, halaman ini juga memuat profile dari calon penerima kartu pos yang akan kita kirim nantinya.

Setelah mengirim kartu pos, lalu apa yang kita lakukan? tunggu saja. seperti saya menunggu kartu pos saya tiba, jika terlalu lama, dan tidak ada kartu pos yang datang coba kirimkan karu pos seperti yang saya lakukan dan ceritakan diatas. Kalau kita sudah menerima kartu pos dari orang lain, kita harus meregistrasikannya, berikut cara meregistrasikan postcard dari postcrosser di postcrossing.

Buka halaman postcrossing.com dan klik Register a postcard.

Klik "Register a postcard."
Setelah kita klik "Register a postcard." maka akan muncul tampilan website seperti berikut, 

Isi ID sesuai dengan yang tertera di Postcard
Setelah muncul tampilan website seperti diatas, kita perlu meregistrasikan Postcard ID yang tertera pada kartu pos yang kita terima, disertai dengan pesan/ucapan pada pengirim. Lalu klik "Register postcard." kamudian akan muncul tampilan seperti berikut : 

Kartu Pos berhasil di Registrasikan!
Dan... Yay!! Kartu pos sudah berhasil di registrasikan! :D

Kalau kita tau cara kerjanya dan mau sabar untuk menunggu kartu pos yang datang, kegiatan berkirim postcard dengan orang lain di seluruh dunia ini tentunya jadi hal yang begitu menyenangkan! at least menyenangkan untuk saya ya :D

Jadi... Kamu mau bergabung jadi bagian Postcrossing dan bertukar kartu pos dengan manusia lainnya di seluruh dunia? atau malah mau swap dengan saya? Yuk! :D



40 comments:

  1. Mbak, ayo swap postcard yuk...
    Saya postcrosser juga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk!
      Mention aku aja ya, @khoirinaannisa :D

      Delete
  2. loh ada ya situs macam begitu, keren juga, btw makasih tutornya kapan2 pengen nyoba

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Gak ribet sebenernya mbak. Aku bolak-balik ke kantor pos karena Pak Pos gak nemu alamat tempat tinggalku aja :p

      Delete
  4. Dulu sempat ingin sign up, Mba. Terus lupa, dan keterusan sampai kini deh lupanya. Hehe. Tapi melihat dirimu yang ternyata proses menanti kehadiran si kartu pos yang lama, jadi gimanaaa gitu. Hehe. Etapi, saat mengetahui kita dapat kiriman kartu pos, semua kekesalan itu pasti langsung ganti ke happy pisan, yak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhihihi, Perlu perjuangan sih ya, tapi kalau udah suka jadi senang aja mbak mengusahakannya :p

      Delete
  5. Hm, bagi yang suka korespondensi, ikutan yang satu ini pasti asyik deh, ya. :)

    ReplyDelete
  6. ga pernah ngirim kartu pos.... hi2

    ReplyDelete
  7. Wow.. asikk yah.. kapan2 nyoba ah siapa tau bisa nemu sahabat pena bule hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bell. Eh, aku kan sempet bilang juga ya waktu itu. Ini masih banyak nih kartu post nya! :D

      Delete
  8. Baru tahu ada web ginian. Tapi kayaknya ribet juga ya, prosesnya juga lama. Takutnya malah keburu lupa kalau nggak dapat2 balasan surat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ribet sih sebenernya Mas, Pak Posnya aja yang bikin ribet -,-
      Jadi harus bolak-balik kasi tau dia patokan buat ke tempat tinggalku :D

      Delete
  9. Mau tanya kak, kalau mau ngirim postcard ID kita sendiri wajib dicantumkan di postcardnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, postcard id nya jangan lupa di tuliskan di postcard yang kita kirim yaaa. Supaya si penerima bisa meregristasikan nomernya dan kita tau bahwa poscard kita udah sampe di tujuan :D

      Delete
  10. Halo mau tanya, saat kita mengisi alamat kita itu perlu nyantumin nama lengkap kita gak? Atau hanya alamat lengkap saja? Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamat aja udah cukup kok kak, nanti kan Nama kita otomatis muncul diambil dari username :D

      Delete
  11. Ih kerenn, baru tau ada beginian. Jadi tertarik nyobain hehe makasi yah kak infonya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiikkk! Nanti komen kesini lagi ya kalo udah mulai bertukar kartu pos. Share experiencenya! :D

      Delete
  12. Ayukk mba, swap postcard sama saya! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleeeehh. Kirimi aku alamatmu yaaa. Lewat form contact diatas bisa :)

      Delete
  13. aku udah daftar, tapi belum di apa-apain :D Alhamdulillah nemu tulisan ini, tar coba buka lagi deh ^^

    ReplyDelete
  14. hmmm ... baru tahu tentang postcrossing .
    tapi kayaknya ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gak ribet juga sih. Karena udah suka, ya semuanya asik aja. Bisa tukeran postcard dari seluruh dunia! :D

      Delete
  15. mau tanya dong, di postcard ditulis alamat rumah kita juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku rasa sih gak perlu. Kalo post crossing, kita kan udah tulis alamat kita di profie. Yang perlu kita tulis adalah ID postcrossing nya kak :D

      Delete
  16. Waahh kebetulan aku baru nemu istilah postcrossing begini tadi pagi di instagram! Lalu oenasaran dan coba2 ngulik gugel eh ketemu sama blog ini yang sudah mencerahkan ketidaktahuanku mengenai postcrossing^^ utk permulaan, mau dong postcrossing sama mbaknyaa:D

    ReplyDelete
  17. Kirim postcard ke luar negeri mahal nggak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mahal kok. Biasanya aku pake perangko 6rb ke asia, 7rb ke eropa, 8rb ke amerika :D

      Delete
  18. hi, postcard id kita wajib ditulis di postcard yang akan kita kirim kan ya mba? itu biasanya ditulis dmn ya? oiya, postcard id punya orang yang akan kita kirimi itu juga ditulis gak ya? thanks

    ReplyDelete
  19. Assalammualaikum kak
    Aku boleh minta alamat e-mail nya gak aku mau nanya nanya soal postcrossing

    ReplyDelete
  20. Mbak mau swap gak? Kalo mau swap, nanti kirimin alamatnya ya:)

    ReplyDelete
  21. Ass

    Aku masih bingung cara kerjanya
    Perlu banyak bantuan ni
    Karena saya pengen banget punya sahabat pena

    ReplyDelete
  22. Ass

    Aku masih bingung cara kerjanya
    Perlu banyak bantuan ni
    Karena saya pengen banget punya sahabat pena

    ReplyDelete

Tinggalkan komentarmu disini...