Peluang usaha untuk Pelajar

9:34 pm Khoirina Annisa 12 Comments


Pernahkah kamu berpikir untuk menghasilkan uang sendiri disaat kamu masih sebagai pelajar? bagaimana caranya? sedangkan waktumu dihabiskan di sekolah dari pagi sampai siang bahkan ada yang sampai menjelang sore.
saya sendiri pernah memikirkannya, bahkan saya sempat menggeluti usaha ini. Jadi bagi kalian yang masih pelajar, kalian bisa coba salah satu dari beberapa contoh usaha yang pernah saya geluti berikut.

  1. Resaller
    Resaller itu berasal dari dua kata yaitu Re = Kembali dan Saller = Menjual, jadi dengan demikian Resaller artinya menjual kembali. Saat liburan akhir tahun 2012 yang lalu saya sempat menjadi resaller. ini pengalaman baru, karna baru kali ini saya menjadi resaller. yang perlu di perhatikan saat kamu ingin menjadi resaller adahal harga pasar dan para konsumen. kita harus terjun langsung ke pasar untuk mengetahui harga yang sesungguhnya, dan yang tidak kalah penting kita juga harus pintar-pintar bernegosiasi alias tawar-menawar. satu lagi yang harus di perhatikan, yaitu konsumen. kita harus mengetahui selera konsumen, atau apa yang sedang buming saat itu.
  2. Fotokopi
    Fotokopi? mau buka usaha foto kopi?  butuh modal besar pasti untuk modal dan sewa kios nya? atau bagaimana membagi waktu antara sekolahnya? ah, jangan berpikir seperti itu dulu. Sebagai [mantan] Siswa, saya merasakan bagaimana harus memfotokopi materi-materi pelajaran di sekolah, yap! jika kamu seprti itu juga, jadikan itu sebagai peluang usaha. jika kamu harus memfotokopi materi pelajaran oleh guru, pasti teman-teman kamu juga akan fotokopi materi tersebut. kamu tinggal menawarkan siapa saja yang ingin memakai jasamu untuk sekalian fotokopi bersama. jia satu kelas ada sekitar 30 orang siswa lalu di angkatan mu ada beberapa kelas kamu tinggal hitung saja berapa untung yang kamu dapatkan dari membuka jasa ini. salah satu yang harus diperhatikan adalah negosiasi dengan tukang fotokopi yang kamu datangi. usahakan harga fotokopinya bisa di tawar, karna dengan begitu kamu bisa mendapat harga yang lebih murah dengan kualitas yang sama.
  3. Jual Pulsa
    Jualan pulsa, iya. hari gini siapa pelajar yang tidak punya telepon genggam? ya, kebanyakan siswa jaman sekarang pasti sudah punya hp. kamu bisa memulai usaha ini. saya pun pernah berjualan pulsa, tapi harus diperhatikan saingan berjualan pulsa cukup ketat. kamu harus memikirkan sendiri bagaimana caramu menjual pulsa berbeda dari yang lain.
  4. Update Software dan OS
    Awal nya membuka usaha ini saya bekerjasama dengan dua orang teman saya. tidak bisa dipungkiri, walaupun saya mengambil jurusan Akuntansi di sekolah tapi saya tetap membuka usaha ini. mungin ada yang tidak percaya, seorang akuntansi berhubungan dengan update software dan OS. ya tapi bisnis ini tetap kami jalankan. kami menjalankan bisnis ini ketika kemunculan Windows 8. banyak yang tertarik dengan windows 8 karna tampilan nya yang bagus. Bermodal software-software terupdate dari teman-teman saya dimedia sosial yang ada di seluruh indonesia. saya dan kedua teman saya menggeluti usaha ini. mulai dari MS. Office 2013, Windows 8, Antivirus premium, sampai segala software yang konsumen kami minta, bisa kami penuhi. kalian bisa mencoba peluang bisnis ini jika passion kalian ada di dunia komputer dan teknologi.
itu adalah beberapa peluang usaha yang pernah saya temui dan tentunya saya pernah mencobanya. jika ada kemauan pasti ada jalan, berminat untuk menjadi pengusaha? mulailah dari sekarang! kegagalan yang saya dapat, sengaja tidak saya share melalui tulisan ini. jika kalian ingin bertanya silahkan PM saya, semoga saya bisa membantu.

12 comments:

  1. -__- mandiri amat sih neng , kerenn

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha itu kan dari masih smp, sekarang udah nggak jadi siswa lagi jadi udah ngga usaha itu :p
      sekalian memanfaatkan masa muda :p

      Delete
  2. Cakep. Be a studentpreneur! Saya jual binder dan camilan .. alhamdulillah memuaskan. Mau ikut jual pulsa..

    Oiya.. mba tau tntang reksa dana? Saya masih 3 sma.. mohon bimbingannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, semoga lebih berkembang lagi ya :)

      saya tau sedikit, ada apa? kamu mau investasi reksa dana?

      Delete
  3. semoga usaha nya lancar ya,, bener2 kreatif deh

    ReplyDelete
  4. Wow keren, masih muda tapi punya pemikiran keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memanfaatkan kesempatan hehe
      terimakasih :)

      Delete
  5. wah saya pengen coba salah satunya ,

    kunjungan perdana kak , follow sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba, semoga sukses ya :)
      terimakasih atas kunjungannya.

      Delete
  6. Pernah dagang, itu pun karena jadi panitia ngumpulin danus buat kegiatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus, setidaknya sudah punya pengalaman :)

      Delete

Tinggalkan komentarmu disini...