Menjadi diri sendiri tanpa menyakiti orang lain

9:06 pm Khoirina Annisa 7 Comments



Menjadi diri sendiri tanpa menyakiti orang lain. What? Tanpa menyakiti orang lain? Apa maksudnya tuh?
Pernah gak mendengar tentang kita perlu "menjadi diri sendiri." atau "be yourself."? Kalau saya sering. Tapi saya pada awalnya masih mendeskripsikan tentang apa maksud dari be yourself itu, karena beberapakali bertemu dengan orang lain yang menjadi diri sendiri dan tanpa memikirkan orang lain. Yang artinya Ia tidak memikirkan bagaimana perasaan orang lain. Lalu bagaimana cara  menjadi diri sendiri tanpa menyakiti orang lain.


1. Memberikan kritik disertai dengan saran
Pernah gak sih kamu gak setuju dengan orang lain? Saya pernah, dan protes ataupun mengkritik itu jadi hal yang biasa, tapi disertai dengan saran-saran ya. Yang akhirnya kami bisa tertawa bersama lagi setelah itu. Karena ketika kita melempar kritik, kita tidak hanya memberi tahu tentang ketidak setujuan kita. Tapi juga terdapat hal-hal tentang apa yang kita mau dan bagaimana cara mewujudkannya.

2. Tidak mengungkapkan pendapat seenak jidat
Pernah satu waktu ketika saya ada di satu forum yang membahas tentang hidup dan kehidupan. Ketika si penanya tidak puas dengan jawaban penjawab, ia malah mencacimaki penjawab tersebut. Untung saja diskusi di forum ini adanya di dunia maya, jadi emosinya hanya tersalurkan melalui tulisan. Tapi tetap menyakitkan kalau membacanya. Mengungkapkan pendapat yang ada dipikiran kita gak masalah kok, bagus juga. Tapiiii, jangan lupa tentang perasaan orang lain. Jangan lupa ketika kita ada di Forum terbuka, semua orang bisa melihat apa yang kita tulis. Hati-hati dengan apa yang kita tulis, meskipun itu adalah hal yang kita pikirkan sendiri.

3. Jadi diri sendiri yang terus berubah lebih baik
 "...ya kan gue memang gini orangnya..." "...mau diapain lagi dong, gue gak bisa gitu.." Kebanyakan alasan, mengatasnamakan jadi diri sendiri dan akhirnya menyusahkan orang lain juga. Gak mau berubah, yang akhirnya kita jadi bikin masalah sendiri. Helaaaaw... Jadi diri sendiri aja gak cukup ciyn, jadi diri sendiri dan terus berubah jadi lebih baik itu bakal keren banget jadinya. Coba aja.
 

Menjadi diri sendiri itu keren kok, tapi bagaimana kalau kita juga berubah untuk jadi lebih baik lagi. Gak hanya dengan diri yang 'seperti ini' saja. Bagaimana kalau kita menjadi diri sendiri tapi tanpa menyakiti perasaan orang lain juga.

3 hal dari saya, ada yang mau menambahkan? Silahkan langsung di komentar ya! terimakasih :)






7 comments:

  1. Setuju deh, nggak ngerasa aku sendiri kadang begitu...sok idealis tapi tidak memberi dan menjelaskan tentang semua yg tidak ku setujui.

    ReplyDelete
  2. saya berasa bebas menulis ketika disertai data2 yang memadai, jadi kurang sreg atau gimana gitu kalo mengungkapkan pendapat seenak jidat hehe

    ReplyDelete
  3. Sayangnya banyak yang menjadi diri sendiri dan gak menerima saran orang lain. Padahal tuh sifat yang 'katanya' menjadi diri sendiri sangat merugikan orang lain.

    Misalnya nih gak mandi, bau banget. Pas dikasih tau, bilangnya walaupun gak mandi, tetep pantas dicintai. -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjadi diri sendiri tapi selalu merugikan orang lain, membuat orang lain terganggu ataupun gak nyaman. Buat apa?

      Mwahahaha. Mungkin dia nunggu dimandikan. *eh

      Delete

Tinggalkan komentarmu disini...