a tale of ahensi lyfe - work atmosphere

8:30 am Khoirina Annisa 0 Comments




work atmosphere di ahensi tuh kek mana sih koi? kok lu ngantor pake jeans sobek sama kaos doang sih? keknya lu dateng siang mulu kalo ke kantor? kok lu jalan-jalan mulu sih? enak banget keknya kerjaan lu koi!

tentu work atmosphere di ahensi belum tentu bisa didapetin di kantor yang formal. gue gak ngerti gimana asal-usulnya kehidupan di agensi, tapi kita yang kerja di ahensi emang dibebaskan. Ngomongin pakaian dulu deh, untuk pakai pakaian yang menurut kita nyaman tapi kalau ada agenda untuk meeting dengan klien pasti kita pakai pakaian rapih kok. anyway gak semua anak ahensi pake kaos doang, gue perhatiin bos gue selalu pake pakaian formal kok. mungkin iya sesekali pakai kaos atau pakaian casual lainnya. itu jawaban kenapa gue pake kaos ke kantor, karena memang gak ada aturan untuk selalu pakai kemeja atau pakaian formal ke kantor.

selain bebas pakai pakaian dan gak ada seragam, di ahensi juga ada jam kerja. Jam kerja tiap ahensi tentunya berbeda. dari beberapa ahensi yang gue tau atau yang emang pernah kerjasama bareng gue, ada yang kerjanya mulai dari jam 9am - 6pm, ada juga yang menerapkan variasi jam kerja mulai dari 7am - 4pm, 8am - 5pm, 9am - 6pm, tergantung dari anak ahensinya dateng jam berapa. kalo telat dateng gimana? ada teguran gak? dibeberapa ahensi, emang ada sangsi, misalnya kalo telat jadi gak dapet uang makan yang berarti gajinya akan dipotong, ada juga yang emang dibebaskan, maksudnya gapapa dateng telat tapi kerjaan harus terdeliver dengan baik. tapi ingat, itu hanya peraturan jam kerja, anak ahensi udah biasa untuk dateng telat dan pulang telat juga. gak sedikit bahkan overload kerjaan dan bikin kerja terus-terusan walau udah pulang ke rumah. gue gimana? oh ya, gue pun mengalaminya, dulu. mungkin di tiga tahun pertama, sekarang? alhamdulillah fase itu udah lewat. gue cukup banyak belajar yang akhirnya sekarang gue bisa kerja lebih cepat.

jalan-jalan mulu koi, gaji lo gede ya? alhamdulillah, masih cukup. bukan berarti gaji gede ya, eh tapi ukuran gaji gede tuh berapa sih? ahahaha. jadi, kalo ngomongin penghasilan, penghasilan kan sebenernya kita bisa dapet dari mana-mana, gak harus dari kerjaan tetap aja. kalo dulu di tiga tahun pertama gue berdarah-darah buat belajar banyak, fase itu juga  jadi fase dimana gue membuka banyak pertemanan, hasilnya sekarang adalah mereka tau apa yang bisa gue kerjakan dan gak jarang gue dibutuhkan dan akhirya dipekerjakan. kalau kamu percaya tuhan itu ada, percayalah tuhanmu itu sangat baik padamu. karena gue percaya itu, jadi ya kayak gini deh. well, karena ada beberapa source of found, walau project base, gue jadi punya budget sendiri untuk gue jalan-jalan tapi emang dasarnya gue suka jalan sih. nah jalan ini tentunya ya bawa laptop, sambil kerja juga, pusing-pusing enak kok. oh ya, tapi gak semua jalan itu gue bayar sendiri, kadang dibayarin kantor atau brand. kantor biasanya ngasih reward berupa trip atau brand juga ngasih kerjaan yang mengharuskan gue jalan, gak sendiri, ini pasti sama tim. seneng ya iya, capek ya iya. tapi, as long as you enjoy every thing that you do. gimana dong? ya orang gue sukak.



digital advertising ahensi masih terbilang baru jika dibanding iklan untuk tv, radio, majalah. nah, karena usianya yang masih muda, orang-orang yang kerja di ahensi juga masih terbilang muda. bahkan tahun pertama gue kerja di ahensi, gue dulu jadi karyawan termuda sampe bos gue kaget "hah... lo kelahiran tahun...?!" karena gak semua orang tua ngerti digital, jadi deh kebanyakan digital ahensi diisi sama anak-anak muda. kalo sekarang? ya terakhir tuh ada anak kelahiran 99 yang udah mulai kerja di ahensi. ahahaha 

beberapa hari yang lalu bos gue bilang yang intinya, kenapa kita ada di pekerjaan kita yang sekarang itu karena kita dibutuhkan, gak ada posisi yang penting atau gak penting. dimasa pandemi kayak gini, kerja dari rumah tuh emang kadang bikin agak baper. ada project gue yang ditunda karena pandemi. kontraknya udah dapet, udah dibayar, tinggal eksekusi. tapi ternyata harus ditunda, gak jadi kerja deh gue, karena agak baper jadi ngerasa gak guna. kebayang gak? jadi, banyak banget positive vibes yang gue dapetin. gontok-gontokan pas ngerjain project? ya kadang, tapi semua balik lagi ke objective pekerjaan kita. kita mau kasih yang terbaik untuk brand yang kita handle.

serunya di banyak hal, gue punya teman-teman yang satu frekuensi, ngerti hal profesional, pinter, dan ya gue suka ada ditempat ini. apalagi ya, satu hal yang pasti sih. anak ahensi emang banyak sambatnya karena ngadepin klien yang kadang ngehe dan sotoy (gak semua lhooo, klien yang baik dan pinter juga banyak), terlepas dari sambatan itu, work atmosphere di ahensi itu menyenangkan! kalo gak menyenangkan, mungkin kamu belum menemukan kantor yang cocok untukmu! tertarik jadi anak ahensi? apa jangan-jangan kita udah satu kantor? ahahaha.

0 Komentar:

Tinggalkan komentarmu disini...