a tale of ahensi lyfe - awal mula masuk ahensi

8:30 am Khoirina Annisa 0 Comments


awal mula perjalanan - source
a tale of ahensi lagi! rasanya blog post tentang ahensi ini masih bakal banyak. ya karena beberapa tahun terakhir ini waktu gue kebanyakan ada disana. gak ada yang baca? ya gapapa. kali ini ngomongin awal mula gue masuk ahensi. kenapa bisa masuk ahensi. kenapa mau masuk ahensi. dan kenapa-kenapa lainnya tentang awal mula masuk ahensi.

mulai darimana ya, intinya ya karena gue kepepet kaga punya duit. ada lowongan di ahensi yang sesuai dengan skill yang gue punya. yaudah gue apply dan keterima kerja. sesimple itu? iya. karena dasarnya gue bisa nulis kayak gue lagi nulis ginilah, terus ada ahensi yang emang butuh content writer yang ngerti digital forum. ya itu udah cocok banget saat itu. akhirnya gue apply dan keterima. kerjaan pertama gue ya jadi contet writer. tukang nulis iklan di digtal forum. 

tau lowongan darimana? gue tau lowongan dari facebook. online. tau karena lagi scroll timeline. yaudah gue apply. apply nya kan gampang juga, cuma kirim email. lo gak perlu nulis cv di kertas folio, foto copy ijazah atau sertifikat pendukung terus ditaro amplop cokelat dan kirim. nggak, gak gitu applynya. kirim email doang. 

cara apply lowongannya gimana? kirim email sama cv doang. beneran, malah gak pake portfolio, ya mungkin emang dasarnya itu rejeki gue ya. tapi dalam email yang gue kirim gue bilang, gue blogger yang bisa nulis dan ngerti forum (karena gue pernah jadi aktivis regional di salah satu online forum). cv isinya apa aja? ya kek biasa sih, data diri sama pengalaman organisasi. bener itu doang, sekali lagi, gue dulu bahkan gak ngerti apa itu portfolio. sama, karena gue kan abis sekolah SMK tuh gak kuliah, jadi gue gak pake ijazah gue buat lamar kerjaan ini. ya mau dilirik gimana, SMK juga jurusan Akuntansi. kaga nyambung. Jadi yaudah apply lowongan kerja isinya cuma body text email dan cv doang. eh terus dipanggil buat interview.

isi pertanyaan interviewnya apa aja koi? seinget gue, dulu gue cuma ditanya umur berapa, rumah dimana, sama ada contoh tulisan gak? akhirnya gue kasih link forum sama blog ini kalo gak salah deh. sesantai itu. gak nanya sekolah dimana sama-sekali. bahkan gue diinterview di coffee shop. rada gak meyakinkan sih memang tempatnya, tapi ya siapa sangka ternyata itu jadi awal mula gue jadi anak ahensi.

anak smk-sederajat kan susah cari kerja, kok keknya lu gampang banget? ya coba aja apply setiap lowongan yang sekiranya pas dan sesuai dengan skill yang lo miliki. walau gue gak ngerti juga sih. tapi satu hal pasti, if your skills meet the requirement of the vacancy ya bakal cocok di industri ini. lain hal kalo di industri lain, yang punya skill bisa kalah sama yang punya orang dalem. hal ini gak berlaku di anak ahensi. karena, kerjaan lu bakal bener-bener keliatan. lo beneran bisa kerja atau nggak. mau dititipin sama bos sekalipun, kalo gak bisa kerja ya gak akan bertahan. stress sih yang ada.

jadi ijazah tuh gak kepake ya kalo kerja di ahensi? ya... kepake gak kepake sih. tapi so far gue pindah kerja dari satu ahensi ke ahensi lain ya gak pernah kepake tu ijazah. tapi kan lu sekolah tujuannya bukan cuma dapet ijazah. dapet ilmu. dapet pertemanan. mengasah social skills. walau gak semua ilmu disekolah akan kepake pada kehidupan, minimal kita ngerti dasarnya. 

semua anak ahensi kayak lu juga ga koi? gak nyambung sekolahnya gitu. nggak. gak semua kayak gue. beberapa temen gue kuliah dan ya kuliahnya cukup berguna saat dia jadi anak ahensi. selain emang kuliahnya berguna, gue juga banyak ketemu anak ahensi yang kuliahnya dari universitas-universitas top dah di Indonesia, bahkan yang kuliah di luar negri juga banyaaakkk! Kalo jurusan kuliah, kuliahnya bisa jurusan komunikasi, advertising, desain komunikasi visual, business management. tapi gak semua ya, sisanya ya yang kuliah tapi kuliahnya gak nyambung atau kayak gue yang smk yang awalnya gak ngerti apa-apa. tapi sekarang pun akhirnya gue kuliah, gue kuliah ambil jurusan komunikasi. bukan biar gue dapet ijazah atau gelar sarjana. tapi biar gue bisa belajar dan ngerti tentang komunikasi itu sendiri.

gitudeh, awal mula gue jadi anak ahensi. kalo kalian gimana? awal mula lo mulai kerja yang sekarang gitu.

0 Komentar:

Tinggalkan komentarmu disini...