Berkunjung ke Museum Kepresidenan Balai Kirti Yuk!

9:50 am Khoirina Annisa 13 Comments

 
Museum Kepresidenan Balai Kirti
Ada yang sudah pernah ke Balai Kirti atau lebih dikenal dengan Museum Kepresidenan, belum?Saya sudah, hari sabtu beberapa minggu yang lalu. Bersama teman-teman dari Komunitas Postcrossing Indonesia. Sebenarnya in berawal dari ketidak sengajaan saya yang nyimak posting di grup dan akhirnya memutuskan untuk ikut, karena gak terlalu jauh dari tempat tinggal saya juga.


Museum Kepresidenan Balai Kirti terletak di lingkungan Istana Bogor, beralamat di Jl. Ir. H. Juanda No. 1, Bogor. Museum ini di resmikan Pak SBY pada November 2014 untuk mengenang Jasa Presiden. Museum ini terbuka untuk umum, namun jika mau berkunjung kita perlu mengirimkan email berisi surat permohonan kunjungan beserta data pengunjung, minimal seminggu sebelum waktu kunjungan ke museumkepresidenanindonesia@gmail.com deh. Oh iya, museum ini buka dari hari Selasa sampai Minggu, Hari Senin dan libur Nasional tutup.



Oh iya, disini kita gak bisa parkir kendaraan di lingkungan museum. Jadi kita mending parkir di luar, bisa di gedung-gedung disekitar Istana Bogor.

Nah, setelah kirim email, dapet balasan dan jadwal waktu kunjungan, baru deh kita bisa mengunjungi museum kepresidenan balai kirti ini! :D


Pertama-tama kita masuk seperti biasanya, pengecekan dan menitipkan barang bawaan. Setelah itu kita akan dipandu untuk mengelilingi museum, supaya bisa tau mengenai apa dan maksud dari objek-objek yang ada.

Pemandu menjelaskan tentang Indonesia.

Patung enam presiden dengan gaya khas mereka.
Di lantai satu, ada enam patung pesiden RI dengan gaya khas mereka saat menjadi Presiden. Disini kita juga bisa bebas mengambil gambar atau berfoto. Selesai di lantai satu, kami naik ke lantai dua.


Di lantai dua ini berisi koleksi pribadi presiden, seperti pakaian, tongkat, foto-foto kegiatan dan barang-barang yang digunakan selama mereka menjabat sebagai presiden. Ada juga lukisan-lukisan presiden hasil karya beberapa pelukis Indonesia dan satu kutipan bijak tiap presiden. Sayangnya di lantai dua ini, pengunjung gak diperkenankan untuk mengambil gambar. Karena barang-barang yang ada di dalamnya milik pribadi presiden, jadi bersifat rahasia. Katanya sih gitu...

Koi Sedang Menggantikan Jokowi.
Selesai berkeliling ada satu tempat yang menarik saya untuk berfoto. Yaks, foto jajaran presiden. Ada satu space kosong yang mungkin akan ditempati foto Pak Jokowi nantinya. Di Museum Kepresidenan Balai Kirti sekarang hanya ada 6 presiden, Soekarno, Soeharto, BJ. Habibie, Gus Dur, Megawati dan SBY. Kenapa gak ada Jokowi? Karena Jokowi belum selesai menjabat sebagai presiden.

Yaks, gitu deh kinjungan singkat saya ke Museum Kepresidenan Balai Kirti. Kalau mau tau lebih padat tentang syarat dan ketentuannya berkunjung kesini, bisa lihat teweet berikut ya!
Email: museumkepresidenanindonesia@gmail.com
Facebook: Balai Kirti
Instagram: @balaikirti
Tlp/Fax: (0251) 7561701

Jadiiii, kapan mau ke  Museum Kepresidenan Balai Kirti? Yuk deh ah, supaya bisa tau tentang Presiden Indonesia! :D

13 comments:

  1. Wah museumnya bagus banget mbak, mudah2han saya bisa berkunjung ke museuum ini ...

    ReplyDelete
  2. Seru gak mbak perjalanannya? aku jadi pengen deh

    salam
    gabrilla

    ReplyDelete
  3. Museum tuh tempat liburan sekaligus belajar, thanks for sharing mbaknyaaa

    Salam,
    Rasya

    ReplyDelete
  4. salam . mohon maaf izin bertanya apakah ada tarif untuk bisa masuk ke dalam ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Via, Untuk masuk ke museum ini gak dikenakan tarif. Kita hanya perlu reservasi minimal seminggu sebelumnya :D

      Delete
  5. Tanya mba, karena pakai surat dulu, apakah harus rombongan institusi atau bisa perorangan/keluarga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku waktu itu rombongan komunitas mbak. Jadi gak harus rombongan Institusi :D

      Delete
  6. Mba, isi surat permohonan nya seperti apa ya?

    ReplyDelete
  7. Mba, isi surat permohonan nya seperti apa ya?

    ReplyDelete
  8. Misi mba isi kata permohoman berkunjung nya gimana ya

    ReplyDelete
  9. Misi mba isi kata permohoman berkunjung nya gimana ya

    ReplyDelete
  10. Misi mba isi kata permohoman berkunjung nya gimana ya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentarmu disini...